Friday, 25 July 2008

replika patung hermes



untuk aku. yang menarik dari patung hermes adalah. dia prasastikan satu pengalamanku di kebun raya bogor
waktu itu aku lagi perhatikan tanaman di samping rumah anggrek
buummm!
seperti sesuatu jatuh dari mars
dan seorang laki-laki dewasa sudah berdiri di sampingku. telanjang bulat
seorang exhibitionist


ayy! gilee. tubuhnya cantik sekali. berotot sehat, proporsional. indah seperti patung eros, hermes, the thinker...
(telanjang terus biar aja kalo tahan digigit nyamuk)


(kalo bulu pada burung atau sisik pada kupu-kupu, penyu, kadal dianggap pakaian, rambut di tubuh manusia tak pernah punya kedudukan setara
tetep dianggap telanjang dan masih perlu ditegaskan dengan kata: bulat

hmmm...kalo gitu mestinya burung, kupu, kadal juga telanjang bulat dong. tapi kita kok ga pernah sejajarkan ketelanjangan mereka dengan porno, malah kita bilang burung itu indah. kupu, kadal itu eksotik)

setelah kaget pudar, ingat exhibitionist tidak melakukan serangan seksual secara fisik (semoga benar). jadi santai. zaman kuliah juga beberapa kali ketemu yang gituan di kampus. tapi baru kali ini ketemu exhibitionist yang punya modal

kadang aku masih memikirkan laki-laki telanjang itu. atau mungkin lebih tepat ketelanjangan laki-laki itu ya
asli karya tuhan
indah dan eksotik









foto-foto:
replika patung hermes
di jembatan harmoni. 'aslinya' di museum sejarah jakarta
yang gilirannya. adalah replika dari karya giambologna
alias giovanni bologna (1529-1608)





Thursday, 24 July 2008

hermes




PATUNG HERMES
di Museum Sejarah Jakarta




Tuesday, 22 July 2008

krisan




dari kebun pkk. jalan terus ke utara. tak jauh. benar-benar ga jauh
bukan ga jauh yang satu dua kilometer saja :)
setelah lewat rumah yang ada sirih gading, di sebelah kanan adalah warung mbak atun. tempat aku kadang beli sayur untuk capchay-an
krisan ini difoto di sampingnya warung





kupu-kupu emigran



LEMON EMIGRANT (betina, form pomona)
Lokasi: Jalan Mangkubumi, Yk

zaman di jogja kemarin. cerita-cerita dengan ananta dan mbak tari. tentang ketemu kupu-kupu common nawab (Polyura athamas) di taman pkk di kampung bener

terus aku tunjukin koleksi foto2 kupu. antara lain lemon emigrant yang ketemu beberapa ekor di pohon johar. kata mbak tari di negerinya, ada waktu-waktu pohon johar diulati habis2an. ulatnya terdapat dua garis hitam. pohon johar juga jadi tempat kupu-kupu emigran adakan rapat raksasa. mungkin untuk nentuin akan migrasi lagi kemana :)

iya, aku juga bisa bayangin bagaimana ramainya ketika telur-telur itu menetas, ulat-ulat jadi kepompong, dan kepompong jadi kupu-kupu. jika satu ekor kupu-kupu lemon emigrant yang dibesarkan di laboratorium bisa beranak 100-150 telur setiap hari. iya, setiap hari


LEMON EMIGRANT (betina, form jugurtha)
Lokasi: Jalan Mangkubumi, Yk

memang sih kalau liat sayapnya tidak begitu meyakinkan, tapi jangan dientengin. kuat terbang loh dan tinggi. bisa bayangkan jalan pagi. dingin dan hanya pakai kaos lengan pendek. brrrrr....dan emigran terbang terus. tak seperti burung, berkicau. tak seperti manusia bermobil, sambil dengerin musik. kupu-kupu terbang dengan dirinya. dan sunyinya...



Monday, 21 July 2008

caladi tilik



CALADI TILIK (burung pelatuk)
http://orientalbirdimages.org

angin kembali bertiup, kini disertai bunyi daun-daun yang luruh. kerotok suara burung pelatuk dari kejauhan. dan suara seorang pencari kayu yang terdengar sayup. srintil menegakkan kepala. itu suara tembang seorang amatiran yang menirukan kutut manggung. entah mengapa srintil merasa tersentak. bukan karena dia juga hafal lirik lagu itu, bukan pula suara si pencari kayu demikian jelek dan acak-acakan, tetapi karena tiba-tiba srintil merasa ada sesuatu yang sangat menarik berkaitan dengan keresahan jiwanya

dukuh ronggeng paruk
p.300



Sunday, 20 July 2008

janjian












ALKESA/SAWO MENTEGA
kiri: www.hort.purdue.edu/newcrop/morton/canistel.html
kanan: www.arbolesornamentales.com/Pouteriacampechiana.htm


di ragunan bulan-bulan segini sawo lagi berbuah
sawo duren juga. sebagian besar masih ijo
alkesa/sawo mentega (Pouteria campechiana) juga. banyak yang udah kuning tapi
menariknya. tiga jenis pohon buah ini satu suku: sapotaceae




Tuesday, 15 July 2008

kucing




fool cat
though tethered still crying
for love

issa





Monday, 14 July 2008

ada



bahkan burung gereja mengerti
cinta itu ketika ada
dia akan ada dan ada

jika bisa ada dan tak ada
bahkan burung gereja mengerti
itu tak pernah artinya cinta



beauty will save the world



BURUNG GEREJA
(wikipedia)

pernahkah. sejenak saja. rasakan langit begitu dekat, bumi membentang lepas. burung gereja terbang atau tengger di dahan
kupu-kupu sirsak hijau cari tempat bertelur
pohon mangga. palem putri. alamanda yang merambat di pagar
senyum yang diantar angin dari negeri-negeri asing

hanya berdiri di pintu pagar
dan rasakan bumi itu. indah dan mengandung cinta


krasota spasyot mir
beauty will save the world
*dostoevsky



Wednesday, 9 July 2008

colors of the wind



ZEBRA BLUE
(Leptotes plinius, Lycaenidae)
Lokasi: Taman Teijsmann, Kebun Raya Bogor


...and we are all connected to each other
in a circle, in a hoop that never ends...

colours of the wind
pocahontas





Tuesday, 8 July 2008

scorpius etc



RASI SCORPIUS
(wikipedia)

jakarta tadi malam. the most beautiful night, ever
jam 10.45, sudah akan tidur. malam itu tidur di kamar adikku. jadi melongok dulu keluar jendela. liat-liat bintang
kaget sendiri. dirunut satu per satu sampai yang kecil-kecil. terlihat semua bintang di rasi scorpius. apalagi antares yang warna merah paling terang
ga jadi tidur deh. nungguin the pointer di rasi centaurus menghujam selatan. liat jagat selanjutnya masih akan lahirkan babak apa

bintang-bintang terus mengitar ke arah barat (bumi kan yang berputar sebenarnya)
trengreengreeeeeng. keluarlah. di sisi kiri scorpius nongol perlahan-lahan rasi sagitarius: si centaur dengan busurnya. rasanya? seperti malam ketika magic menjadi nyata. so homey
sangat indah
katanya bintang akan bersinar lebih terang ketika semakin banyak hati bersinar di bumi dalam kebaikan

sudah jam 12. sebelah kiri sagitarius. creeeeng. terang benderang seperti sorot mata yang paling jernih. si jupiter, zeus nya orang romawi. bapaknya mars. bersinar lebih terang dari semua bintang

sementara the pointer hanya tinggal rigel kentaurus. agena atau hadar udah ga keliatan

siapa lagi yang melek malam itu dan melihat bintang, aku akan katakan cinta padanya
**seekor celepuk?**
iya, begitulah hari ini aku menemukan sebab jatuh cinta kepada celepuk
:)




Patung Endang Terate



PATUNG ENDANG TERATE
Karya: Trubus
Lokasi: halaman belakang Istana Bogor
(difoto dari arah Kebun Raya Bogor)



Monday, 7 July 2008

Little Mermaid



LITTLE MERMAID, kopenhagen
perupa: edvard eriksen (1876-1959)

putri duyung memberikan suara, miliknya yang berharga, untuk mendapatkan sepasang kaki. dan hanya ketika pangeran mencintainya maka dia akan dapat memiliki roh yang eternal. sebab dengan demikian roh pangeran akan mengalir juga kedalam dirinya

tetapi pangeran ternyata mencintai dan menikahi wanita lain. sebilah belati diberikan tukang sihir. sebab dengan membunuh pangeran, putri duyung akan mendapatkan kembali ekornya dan kembali ke laut. detik-detik tiba, dan keputusan mesti dibuat. tentu saja sebuah pilihan yang sulit

akhirnya. membuang belatinya. putri duyung terjun ke laut. melebur jadi buih-buih sebagaimana telah dikatakan jika dia gagal mendapatkan cinta pangeran

tapi aku rasa
sejak itu putri duyung adalah simbol kemenangan cinta



Wednesday, 2 July 2008

god's temple



belum lagi satu purnama berlalu. waktu cc tanya mau lihat sepatu ga, lagi diskon. aku bilang diskon tak menggodaku
lagi book fair di jcc senayan. beli empat buku di stand periplus. tiga diantaranya murni karena diskon berat :)
salah satunya, flowers of bali. full colour. isinya 50 macam bunga. harga: 5000 rupiah. benar-benar godaan yang susah ditepis










kiri ke kanan: bunga kancing, tapak dara, bunga pagoda
sumber: toptropicals.com

menarik loh beberapa nama bunga. yang bahasa indonesianya bunga kancing, di bali disebut ratna. bunga tapak dara di bali namanya tapak lima (karena daun mahkotanya lima ya). bunga pagoda balinya tumbak raja. paling menarik rasaku adalah wedelia, disebut padang lumut-lumut




burung madu sriganti
















BURUNG MADU SRIGANTI
kiri: betina, kanan: jantan
http://www.pbase.com/tsechien


manakala hutan-hutan sudah rusak. manakala sawah-sawah sudah berbau obat penyemprot hama, dan manakala sudah terlalu banyak pemuda menyandang senapan angin. maka wilayah segara anakan serta daerah berawa-rawa di sekitarnya adalah tempat terakhir bagi berjenis-jenis burung untuk mempertahankan keberadaannya. suaka. burung dadali yang sudah sulit ditemukan di daerah pedalaman, ternyata masih banyak di sana. demikian juga burung-burung pemakan biji-bijian seperti tekukur, balam, dan perkutut. dan yang mencolok adalah banyaknya burung-burung alap-alap. tentu saja karena mangsanya, burung-burung kecil seperti berondol, burung madu, atau kutilang seolah sengaja dikumpulkan dalam pulau-pulau kecil berambut hutan bakau itu

ahmad tohari
ronggeng dukuh paruk
p.168


catatan gubuk penceng



...it is clear that our understanding of the interactions between organisms (including ourselves) and the environment must be improved. indeed, it is bizzare that we now know more about some of our neighbouring planets, black holes, and distant galaxies, than we do about many of the ecological communities of our own planet (lawton, 1989)

an example: tractors have replaced buffaloes in part of the rice plains of north java. this makes some sense because it saves significant human labour costs. it does mean, however, that the free fertilizer of buffalo dung and urine is no longer available, and more has to be spent on inorganic fertilizers. herding buffaloes when not working is generally done by young children in exchange for pocket money, and if buffaloes are not used then this source of income is lost. there are other problems. tractors disrupt the soil structure, and this has adverse affects on water retention and yield, whereas the trampling by buffaloes damages weeds, improves water retention, and produces ideal conditions for planting out the rice seedlings. the wallows used by buffaloes are important as refuges for aquatic animals during the periods when the rice fields themselves are dry. some of these animals will play roles as predators on pests, and the greater the distance from a refuge to a rice field, the smaller the likelihood of it being recolonized when flooded. the wallows are also used by rat snakes, otters, and monitoring lizards. the rat snake, as its name suggests, preys on rats and mice, while the lizard and otter prey on the freshwater crabs which weaken and destroy the sawah bunds...


TONY WHITTEN
THE ECOLOGY OF JAVA AND BALI